5 Tips Memilih Kulkas Mini

5 Tips Memilih Kulkas Mini – Memilih Kulkas mini yang akan diletakkan di kamar tampaknya memang hal yang cukup tricky. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipahami dan diteliti agar tidak salah memilih produk. Kalau Anda sudah ingin membeli sebuah kulkas mini, berikut ini adalah 5 hal yang harus diperhatikan agar tidak sampai salah memilih:

Kulkas Mini
  1. Pahami Kebutuhan Diri

Rata-rata, kulkas mini itu memiliki ukuran kurang dari 100 liter berhubung sifatnya hanya tambahan. Fungsi dari kulkas mini ini adalah untuk menyimpan snack ataupun minuman agar tetap dingin untuk melepas dahaga.Tetapi kalau Anda memiliki kamar yang cukup sempit, kulkas mini ini bisa memiliki pilihan utama. Kulkas mini tidak akan memakan banyak tempat jadi terkesan praktis.

Khusus untuk Anda yang sering masak di kamar, sebaiknya pilih ukuran 50 liter saja. Memang sedikit kecil ukurannya, tetapikulkas ini efektif karena bisa menyimpan sedikit makanan dan minuman. Tapi kalau Anda jarang masak atau sering beli di luar, pilih kulkas ukuran 50-100 liter. Baik sebelum atau sesudah kerja isi kulkas tetap terjaga tanpa khawatir cepat basi.

  • Kebutuhan Tentang Freezer

Pada dasarnya, kulkas mini itu lebih sering hanya memiliki kemampuan endinginkan saja. Tapi ada beberapa yang bisa mempertahankan kebekuan minuman atau makanan. Misalnya kulkas mini yang terdiri dari 2 pintu. Satu pintu bertugas untuk mendinginkan. Sedang lainnya bisa membekukan atau mempertahankan agar makanan tetap beku.

Sayangnya, jenis kulkas dua pintu cukup jarang ditemukan di Indonesia. Jika ada yang menjualnya, biasanya melalui platform marketplace. Beberapa kulkas hanya memiliki label ice tray yang terdapat pada bagian atas produk. Meski sudah berlabel ice tray, bukan berarti Anda bisa menyimpan makanan atau minuman beku.

  • Pilih Kulkas Mini yang Bagian Atasnya Tahan terhadap Panas

Berhubung ukuran kamar cukup sempit, tentu paling bagus jika punya barang-barang yang multifungsi, bukan? Termasuk jenis kulkas mini ini karena bagian atasnya bisa dipakai untuk landasan oven microwave. Ciri-cirinya yang bisa dikenali adalah terdapat pelat khusus pada bagian atas. Tapi untuk jaga-jaga, lakukan konfirmasi dulu ke penjual. Apabila bisa, maka Anda bisa meletakkan alat-alat elektronik lainnya diatas kulkas.

  • Pilih Kulkas Mini yang Hemat Listrik

Pilih kulkas mini yang sanggup bertahan meski hanya butuh daya listrik kecil. Pilihlah yang sesuai dengan daya watt yang mampu diterima oleh rumah atau kamar. Kulkas mini biasanya dihidupkan selama 24 jam penuh. Jelas hal itu bisa membebani daya listrik yang ada. Kulkas mini yang acapkali dijual di pasaran itu mengonsumsi daya listrik sekitar 100-200 kWh. Tapi ada juga yang lebih kecil. Hanya saja ruang dan fitur-fiturnya lebih kecil dibanding ukuran normal.

  • Pertimbangkan Suara Kulkas Mini

Kulkas mini itu rata-rata cukup ramai suaranya.Suara bising itu muncul karena sistem kompresi penguapannya sedang bekerja. Di pasaran, ada kok yang tidak begitu bising. Hanya saja, kulkas jenis ini cenderung tidak bisa mempertahankan dingin makanan atau minuman dalam waktu lama. Kalau Anda cukup terganggu dengan suara ini, Anda bisa memilih yang tidak memiliki suara.

Beberapa opsi merek yang bisa Anda pilih untuk kulkas mini adalah Panasonic, Sanken, dan Electrolus. Ketiga-tiganya bisa Anda dapatkan via marketplace online. Sebelum beli, coba cari tahu terlebih dahulu tentang review masing-masing produk pilihan Anda.

Leave a Reply