Mengetahui Manfaat Jika Anda Suka Membaca Novel

Mengetahui Manfaat Jika Anda Suka Membaca Novel – Buat Anda yang hobi membaca novel, ternyata itu tidak hanya bisa digunakan untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan positif saja lho. Ada beragam manfaat hebat yang ternyata selama ini sudah Anda peroleh.

Membaca Novel

1.    Sensitif Terhadap Perasaan Orang Lain

Kemampuan ini terasa menjadi kian penting akhir-akhir ini karena makin banyak pasangan muda yang putus gara-gara mereka tidak saling memahami perasaan pasangannya, walaupun kadangkala persoalannya sebenarnya hanya sepele. Anda yang tidak mau cepat putus dengan pasangan Anda, juga secepatnya perlu untuk mengakselerasi kecakapan ini agar hubungan Anda tetap awet.

Ternyata penelitian membuktikan kalau Anda senang membaca novel, hati Anda akan terlatih dan terasah untuk mencermati perasaan orang lain. Akibatnya, hanya dengan membaca raut muka saja, Anda sudah mengetahui bagaimana kondisi hatinya. Jika Anda suka membaca novel, Anda juga harus mengunjungi kami bukan jongos berdasi ini.

2.    Mampu Melihat Suatu Persoalan dari Berbagai Sudut Pandang

Kecakapan ini juga penting untuk Anda miliki kalau ingin memiliki hubungan sosial yang baik. Dengan memahami kenapa orang lain berbuat atau memutuskan sesuatu, Anda dapat menjaga hubungan Anda dengannya karena tidak serta merta marah dengan yang ia lakukan.

Ketika Anda membaca novel, maka Anda dilatih untuk mencermati berbagai sudut pandang dari bermacam-macam karakter yang diceritakan. Akibatnya Anda pun berangsur-angsur memiliki keahlian untuk mengetahui pandangan yang dimiliki oleh orang lain.

3.    Jadi Mudah Berempati pada Orang Lain

Ketika sahabat Anda sedang curhat kepada Anda, namun Anda tidak bisa menunjukkan perasaan yang larut terhadap masalahnya, maka sudah bisa dipastikan kalau Anda memiliki masalah dalam empati.

Empati berperan untuk memperat persahabatan dan percintaan Anda. Ketika ia tidak ada, bisa jadi keduanya akan mengalami masalah. Ternyata ketika Anda memiliki kegemaran membaca novel, lambat laun Anda akan mudah memberikan empati kepada orang lain.

4.    Pandai Membawa Diri di Lingkungan

Banyak anak muda yang dihardik oleh orang lain karena tidak bisa membedakan ketika ia bergaul dengan rekan sebayanya dengan ketika ia sedang berhadapan dengan orang tua. Kecakapan itu disebut sebagai pembawaan diri. Anda yang senang membaca novel ternyata cenderung mahir untuk membawa diri dalam beragam situasi dan lingkungan yang kompleks.

Baca juga tentang : Memilih Paket Wisata Jogja Untuk 4 Hari 3 Malam

5.    Mengurangi Stress

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sussex memperlihatkan kalau ternyata dengan membaca, Anda dapat mengurangi stress yang sedang menimpa Anda sebesar 60%. Tidak hanya itu, dibandingkan jalan-jalan, membaca ternyata 300% lebih efektif dan 600% lebih efektif dibandingkan bermain video game.

Leave a Reply